Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Buka-bukaan soal Kualitas Pertalite, Tak Ada yang Berubah

Sabtu, 24 September 2022 – 16:44 WIB
Pertamina Buka-bukaan soal Kualitas Pertalite, Tak Ada yang Berubah - JPNN.COM
Pertamina menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan tak ada perubsahan pada kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90).

Dia mengatakan Pertalite yang dipasarkan sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Irto menjelaskan batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP).

"Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” kata Irto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (24/9).

Di sisi lain, kata Irto, produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan tidak akan disalurkan ke masyarakat.

“Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” ujar Irto.

Pertamina mengimbau konsumen membeli BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya.

Pertamina menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close