Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Hanya Bisa jadi Jago Kandang

Jumat, 30 Januari 2009 – 19:07 WIB
Pertamina Hanya Bisa jadi Jago Kandang - JPNN.COM
JAKARTA - Perusahaan minyak plat merah, Pertamina dinilai hanya mampu menjadi local player. Pasalnya, pemerintah hanya menugasi Pertamina sedangkan Pertamina public service obligation (PSO).

Kondisi ini jelas berbeda jauh dengan Petronas di Malaysia yang mampu menjadi pemain dunia karena tidak didiserahi beban PSO sehingga mampu mengakumulasi modal dan bebas berinvestasi.

Hal itu terungkap dalam diskusi Perspektif Indonesia yang mengangkat tema “Pertamina: Transformasi Kapan Usai?” bekerjasama dengan salah satu radio swasta di Pressroom DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/1). Hadir sebaga pembicara, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari Hernanto Soemarno, Ketua Komisi VII DPR Airlangga Hartarto, dan Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) yang juga dosen Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (FE Unair) Mohammad Ikhsan Modjo.

Ari mengatakan, Pertamina dan Petronas beda tugas dari pemerintah masing-masing. Karena tidak sebagai PSO satu-satunya di Malaysia maka Petronas menjadi institusi bisnis. “Semua kekayaan alam migas di Malaysia diserahkan kepada Petronas sebagai aset,” jelasnya.

JAKARTA - Perusahaan minyak plat merah, Pertamina dinilai hanya mampu menjadi local player. Pasalnya, pemerintah hanya menugasi Pertamina sedangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA