Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Perkuat Pasar Pelumas Asia

Kamis, 08 Desember 2011 – 09:00 WIB
Pertamina Perkuat Pasar Pelumas Asia - JPNN.COM
JAKARTA--PT Pertamina semakin melebarkan pasar pelumas ke luar negeri. Kali ini melakukan penjajakan ke Vietnam. Prosesnya sudah memasuki tahap studi pasar. Perusahaan migas plat merah itu berharap ekspansinya memperkuat dan memperluas sebaran pasar pelumas Pertamina di Asia.

VP Corporate Communication PT Pertamina M Harun mengungkapkan, pihaknya optimistis terhadap pertumbuhan penjualan pelumas ke luar negeri. Sampai dengan November 2011, Pertamina mencapai realisasi penjualan luar negeri sebesar 193 ribu kilo liter (kl). "Realisasi ini berada di atas target penjualan luar negeri sebesar 156 ribu kl,"katanya di Jakarta Rabu (7/12).

Dia menjelaskan, Vietnam merupakan negara yang menjadi pasar potensial untuk pemasaran pelumas Pertamina. Vietnam telah menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang positif. Dengan jumlah penduduk sekitar 89 juta jiwa, produk domestik bruto Vietnam mengalami pertumbuhan signifikan berada di kisaran tujuh hingga delapan persen per tahun dengan angka produk domestik bruto yang berada di atas USD 100 miliar.

Khusus untuk pasar luar negeri, lanjut Harun, Pertamina telah melakukan penjualan pelumas rata-rata mencapai 80 ribu kl per tahun sejak 2007. Sebelumnya, pada  14 September 2011, Pertamina telah melakukan pengiriman ekspor pelumas ke Bangladesh dan pada akhir November 2011 juga telah memasuki pasar retail di Beijing, Tiongkok.

JAKARTA--PT Pertamina semakin melebarkan pasar pelumas ke luar negeri. Kali ini melakukan penjajakan ke Vietnam. Prosesnya sudah memasuki tahap studi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close