Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Sesalkan Keputusan Menteri ESDM

Gara-gara Kalah Lelang Blok Migas di Indonesia Timur

Jumat, 14 November 2008 – 17:53 WIB
Pertamina Sesalkan Keputusan Menteri ESDM - JPNN.COM
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyesalkan keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas kekalahan dalam lelang pengelolaan ladang migas di Blok Semai V, kawasan Indonesia Timur. Pasalnya, Menteri ESDM memilih Hess Ltd sebagai Pemenang.

Hal ini disampaikan Vice President Communications Pertamina Anang Rizkani Noor dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat, (14/11). "PT Pertamina (Persero) menyesalkan keputusan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral yang memilih pihak lain sebagai pengelola ladang migas di Blok Semai V, Kawasan Indonesia Timur," katanya.

Menurut Anang, Pertamina seyogyanya mendapat kesempatan untuk mengelola ladang migas Blok Semai V, untuk meningkatkan potensi aktifitas dan keuntungan bisnis yang pada akhirnya menguntungkan bagi negara. Dalam data siaran pers tersebut, terlihat total komitmen investasi untuk tiga tahun pertama yang diajukan Pertamina jauh di atas komitmen investasi yang ditawarkan Hess. Pertamina mengajukan komitmen US$ 267,26 juta sementara Hess hanya US$ 183 juta.

Namun, komitmen bonus tandatangan (signing bonus) yang diajukan Pertamina memang jauh lebih kecil ketimbang yang ditawarkan Hess. Pertamina hanya menawarkan bonus tandatangan sebesar US$ 15 juta, sementara komitmen Hess mencapai US$ 40 juta. "Pertamina memang tidak memberikan signing bonus sebesar pemenang tender. Akan tetapi Pertamina memberikan penawaran teknik yang jauh lebih baik dan dalam jangka panjang akan lebih memberikan keuntungan. Karena itulah, Pertamina seharusnya mendapatkan kesempatan right to match dalam proses tender, yang tidak pernah diberikan Departemen ESDM kepada Pertamina," ujarnya.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyesalkan keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas kekalahan dalam lelang pengelolaan ladang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close