Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Terus Tingkatkan Efisiensi di Kilang Pengolahan

Senin, 02 Maret 2009 – 13:52 WIB
Pertamina Terus Tingkatkan Efisiensi di Kilang Pengolahan - JPNN.COM
JAKARTA - Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan daya beli penduduk Indonesia terhadap kendaraan roda dua dan roda empat, permintaan akan produk-produk yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) juga meningkat. Untuk menjawab hal itu sekaligus demi menopang pertumbuhan ekonomi nasional, Pertamina pun bekerja keras meningkatkan efisiensi di kilang pengolahan.

Hal tersebut setidaknya sebagaimana yang disampaikan oleh Dirut Pertamina, Karen Agustiawan, kepada JPNN di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (2/3). Dikatakannya, tidak saja efisiensi di kilang pengolahan, Pertamina juga melakukan efisiensi di pelabuhan serta meningkatkan keandalan jaringan transportasi laut.

Seperti dijelaskan Karen lagi, biaya pengolahan sebenarnya dapat dihemat dengan cara-cara baru yang membuat proses pengolahan menjadi lebih produktif. Antara lain yakni dengan program peningkatan kinerja operasional kilang (Refinery Operational Performance Improvement) - yang dibukukan dalam penghematan tahunan sebesar Rp 656 miliar - dengan mengupayakan perbaikan di sistem pemeliharaan alat, hingga keandalan performa kilang pengolahan menjadi lebih tinggi.

"Sebagai contoh, peningkatan keandalan kilang itu dari rata-rata 91,5 persen di tahun 2006, menjadi rata-rata 95,4 persen pada tahun 2008," ungkap Karen, di sela-sela acara World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-5 tahun 2009.

JAKARTA - Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan daya beli penduduk Indonesia terhadap kendaraan roda dua dan roda empat, permintaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close