Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertunjukan Pencak Silat di Pasuruan Diharapkan Memperkuat Karakter Pemuda

Minggu, 07 Mei 2023 – 20:26 WIB
Pertunjukan Pencak Silat di Pasuruan Diharapkan Memperkuat Karakter Pemuda - JPNN.COM
Jaringan sukarelawan Ganjar Pranowo, Kiyai Muda Jawa Timur (Jatim) menyelenggarakan kegiatan pencak silat bersama Padepokan Ciung Elang di Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (6/5). Foto: Kiyai Muda Jawa Timur (Jatim)

jpnn.com, PASURUAN - Pertunjukkan pencak silat yang digelar di Pasuruan, Jawa Timur, diharapkan bisa memperkuat karakter pemuda.

Banyak atlet binaan yang dihasilkan dalam kejuaraan tersebut, salah satunya sejumlah pelajar dari Kota Pasuruan itu.

Jaringan sukarelawan Ganjar Pranowo, Kiyai Muda Jawa Timur (Jatim) menjadi penyelenggara kegiatan pencak silat bersama Padepokan Ciung Elang di Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (6/5).

"Agenda hari ini di Padepokan Ciung Elang mengadakan yang pertama doa bersama untuk 2024 terpilihnya Pak Ganjar sebagai Presiden RI. Kedua, menggelar pertunjukan seni silat dan memberikan apresiasi untuk anak yang juara nasional maupun provinsi bahkan kabupaten atau kota madya di tingkat pelajar," ungkap Koordinator Kiyai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi.

Menurutnya, ada beberapa alasan positif mengapa pentingnya pemuda di era saat ini memperlajari atau berlatih bela diri dalam kehidupan sehari-hari.

Ali menilai Indonesia saat ini membutuhkan banyak solusi dalam setiap permasalahan bangsa. Salah satunya diharapkan dari para pelajar yang berlatih bela diri.

"Seorang pemuda yang berlatih bela diri akan mempunyai nilai budi pekerti yang tentunya berbeda dengan pemuda lainnya yang tidak berlatih. Ciri-ciri seorang pemuda dengan kemampuan beladiri biasanya mempunyai kepercayaan diri serta kesabaran yang tinggi. Di samping itu, akan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan dan akan mudah untuk menyelesaikan permasalahan secara taktis," lanjutnya.

Saat ini, tradisi pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

Ada beberapa alasan positif mengapa pentingnya pemuda saat ini memperlajari silat dalam kehidupan sehari-hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close