Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perut Bagian Bawah Sering Sakit, Waspada 4 Penyakit Ini

Selasa, 03 September 2019 – 22:59 WIB
Perut Bagian Bawah Sering Sakit, Waspada 4 Penyakit Ini - JPNN.COM
Ilustrasi sakit pada perut.

jpnn.com - Anda sering merasakan perut bagian bawah sakit? Entah itu rasa sakit yang ringan, terasa kram atau bahkan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Rasa sakit di bagian ini dapat disebabkan oleh hal yang tak berbahaya, meski dapat pula karena kondisi medis yang mengancam jiwa.

Saat berkonsultasi ke dokter, Anda biasanya akan diminta untuk mendeskripsikan sakit perut bagian bawah yang dialami, seperti lokasi, kualitas dan jenis nyeri, serta intensitas nyeri. Untuk menegakkan diagnosis, dokter juga akan menanyakan apakah nyeri yang dialami menjalar ataukah bertambah parah.

Penyebab perut bagian bawah sakit

Kondisi sakit perut yang Anda alami tidak bisa disamaratakan. Misalnya, sakit karena lambung tentu berbeda karena masalah infeksi saluran kemih. Lantas, bagaimana dengan sakit perut di bagian bawah?

Beberapa kondisi berikut biasanya disertai dengan sakit perut bagian bawah:

1. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih cukup sering menyebabkan sakit perut di bawah. Biasanya disertai dengan aktivitas kencing yang sakit.

"Itu biasanya terasa sakit di perut bagian bawah, tapi di tengah. Selain nyeri perut, infeksi saluran kemih juga menyebabkan kencing sakit, rasa sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK), dan warna air kencingnya keruh," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong yang merupakan anggota redaksi medis dari KlikDokter.

2. Usus buntu
Anda tidak boleh menyepelekan kondisi sakit perut bagian bawah karena bisa jadi tanda Anda mengalami sakit usus buntu. Nyeri yang ditimbulkan bahkan bisa membuat Anda sampai membungkuk.

Jangan sepelekan ketika Anda sering mengalami perut bagian bawah sakit. Terlebih lagi, sakit perut disertai dengan nyeri yang teramat sangat, demam, perut bengkak, mual dan muntah, perut sakit saat disentuh, atau tinja berdarah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close