Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan dan Harapan Gus Nabil Saat Peringatan Hari Pancasila

Senin, 01 Juni 2020 – 18:25 WIB
Pesan dan Harapan Gus Nabil Saat Peringatan Hari Pancasila - JPNN.COM
Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Nabil Haroen. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen menyampaikan beberapa hal penting berkaitan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

Salah satunya, Gus Nabil menyebutkan Indonesia sedang mengalami tantangan hebat dalam pandemi Covid19. Belum ada prediksi akurat kapan pandemi akan berakhir, beserta konsekuensi dan krisis yang membayangi.

Bahkan, di beberapa kawasan, pertumbuhan kasus masih signifikan, dengan korban jiwa yang tidak sedikit. Ini merupakan tantangan bersama, tidak hanya Indonesia, tetapi juga hampir semua negara.

Menurut Gus Nabil, di tengah pandemi Covid19 ini, saatnya memaknai Hari Lahir Pancasila agar kita menyerap nilai-nilainya untuk menjaga bangsa ini. Nilai-nilai yang diwariskan oleh para pendiri bangsa menjadi penting untuk terus dimaknai, terus disegarkan: nilai ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kerakyatan, kesejahteran, merupakan nilai-nilai utama bangsa Indonesia.

“Kita perlu menyegarkan nilai-nilai itu agar tidak tergerus kekerasan rasial dan frustasi akibat krisis Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, Gus Nabil mengatakan bangsa Indonesia merupakan bangsa tangguh, maka pemimpin Indonesia harus serius membawa bangsa ini dengan potensi besarnya untuk bangkit dan mewarnai dunia di level internasional.

Nilai-nilai gotong royong, falsafah Pancasila serta hubungan harmonis agama-negara, menjadi bagian penting bangsa Indonesia keluar dari kemelut Covid-19, dengan menggunakan protokol kesehatan-keamanan sekaligus mengenalkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan kepada bangsa lain.

“Cukuplah krisis rasial di Amerika Serikat, menjadi pelajaran kita bersama. Jangan sampai energi kemarahan dan isu rasial merembet ke negeri ini,” kata Gus Nabil.

Pada momen peringatan Hari Pancasila, Gus Nabil menyampaikan beberapa hal penting, di antaranya mengajak masyarakat bergotong royong di era new normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close