Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Pesan Jokowi di Hari Ulang Tahun ITB

Jumat, 03 Juli 2020 – 17:06 WIB
Pesan Jokowi di Hari Ulang Tahun ITB - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menilai Institut Teknologi Bandung (ITB) banyak melahirkan tokoh-tokoh yang memberikan kontribusi kepada Indonesia. Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengharapkan ITB sebagai salah satu kampus terbaik bangsa tetap mencetak insan-insan yang berkualitas untuk negeri.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Sidang Terbuka melalui telekonferensi dalam rangka peringatan 100 Tahun ITB.

"Saya senang dan bangga bisa hadir secara virtual di tengah keluarga besar ITB, institut pendidikan teknik tertua di Indonesia, tempat Ir Soekarno, Bung Karno menimba ilmu dan kepemimpinan," kata Jokowi, Jumat (3/7).

Jokowi juga menyebutkan tokoh-tokoh yang dilahirkan ITB, yaitu Perdana Menteri Ke-10 RI Juanda Kartawijaya. Selain itu, Presiden Ketiga RI BJ Habibie.

"Tempat Ir BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia mengawali jejak sebagai engineer yang disegani dunia. Dan banyak tokoh besar bangsa lainnya yang lahir dari rahim ITB," jelas dia.

Selain itu, Jokowi juga mengagumi cara ITB yang mengembangkan pendidikan seni, humaniora, dan kebudayaan. Karena itu, lahirlah sosok maestro seni rupa modern Syafei Sumarja, musikus Sam Bimbo, dan pematung I Nyoman Nuarta.

"Juga Iskandar Alisjahbana, mantan rektor ITB yang juga Bapak Sistem Komunikasi Satelit kita dan masih banyak lagi," jelas dia.

Menurut Jokowi, semua tokoh-tokoh itu menunjukkan bahwa ITB sangat berkontribusi terhadap perjalanan besar sejarah bangsa. "Dari kampus ini, semangat kemerdakaan digaungkan," jelas dia. (tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

loading...