Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan Menyentuh Mendikbud Nadiem di Peringatan Hardiknas

Sabtu, 02 Mei 2020 – 09:07 WIB
Pesan Menyentuh Mendikbud Nadiem di Peringatan Hardiknas - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim saat memimpin upacara Hardiknas. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memberikan amanat dan pesan menyentuh saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei 2020.

Dalam upacara yang dilakukan terpusat dan terbatas itu, Mendikbud Nadiem menyampaikan bahwa peringatan Hardiknas kali ini harus dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

"Semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan, dan semangat agar bisa melalui masa sulit ini. Saat ini kita sedang melalui krisis COVID-19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia," kata Mendikbud Nadiem saat menjadi pembina upacara Hardiknas yang dilakukan di Kantor Kemendikbud, Sabtu (2/5).

Nadiem melanjutkan, krisis ini membuat seluruh rakyat Indonesia mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan saat ini dan setelahnya. Untuk pertama kalinya, guru-guru melakukan pembelajaran secara daring atau online, menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun.

"Orang tua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru. Betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif. Kemudian menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum ada," ujarnya.

Guru, siswa, dan orang tua, lanjut Nadiem, sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan di sekolah saja. Namun, pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi.

"Kita sebagai masyarakat juga belajar betapa pentingnya kesehatan. Betapa pentingnya kebersihan. Betapa pentingnya norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat kita," ucapnya.

Timbulnya empati, timbulnya solidaritas di tengah masyarakat pada saat pandemi COVID-19 menurut Nadiem, merupakan suatu pembelajaran yang harus dikembangkan. Bukan hanya di masa krisis ini, tetapi juga di saat krisis ini telah berlalu.

Mendikbud menyampaikan amanat dan pesan menyentuh saat memimpin upacara peringatan Hardiknas, 2 Mei 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close