Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan Penting Kiai Zuhdi untuk BNPT Soal Radikalisme Dikaitkan dengan Pesantren

Jumat, 28 Januari 2022 – 22:46 WIB
Pesan Penting Kiai Zuhdi untuk BNPT Soal Radikalisme Dikaitkan dengan Pesantren - JPNN.COM
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. Foto: dok. BNPT

jpnn.com, YOGYAKARTA - Ketua Tanfidziah Pengurus Wilayah Nahdlatul Utama Yogyakarta KH Ahmad Zuhdi Muhdlor menyampaikan pesan penting untuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) soal radikalisme yang dikaitkan dengan pesantren.

Sebelumnya, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan pihaknya menemukan pondok pesantren yang diduga terafiliasi dengan jaringan teroris.

Pernyataan Komjen Boy disampaikan saat rapat kerja bersama Komisi III DPR beberapa waktu lalu.

Tanpa menjelaskan lebih mendetail, Boy menyebutkan ada 11 pondok pesantren yang terafiliasi Jamaah Anshorir Khalifah, 68 terafiliasi Jamaah Islamiyah, dan 119 terafiliasi Anshorut Daulah atau simpatisan ISIS.

Kiai Zuhdi menanggapi pernyataan Komjen Boy tersebut dan berharap pernyataan BNPT soal temuan itu tidak disampaikan dengan menyamaratakan lembaga pondok pesantren di tanah air.

"BNPT jangan gebyah uyah (menyamaratakan) karena pesantren di Indonesia jumlahnya ribuan. Kalau toh ada yang terindikasi sebagai bagian jaringan teroris sebetulnya itu sangat kecil," kata Kiai Zuhdi.

Namun demikian, Kiai Zuhdi menegaskan pihaknya sepakat bahwa semua potensi terorisme perlu diantisipasi dibarengi upaya preventif maupun kuratif secara bijak.

Dia memastikan pondok pesantren yang berada di bawah naungan NU jauh dari gerakan-gerakan terorisme karena setiap pengajaran materi agama selalu diberi bobot ahklak atau tasawuf.

Kiai Zuhdi menyampaikan pesan penting untuk BNPT soal radikalisme dikaitkan dengan pesantren. Simak kalimatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close