Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan untuk Calon Menteri BUMN di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Kamis, 17 Oktober 2019 – 22:58 WIB
Pesan untuk Calon Menteri BUMN di Kabinet Jokowi-Ma'ruf - JPNN.COM
Kantor Kementerian BUMN. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memastikan susunan Kabinet Kerja jilid II telah rampung dan akan disampaikan setelah dia dilantik pada Minggu (20/10).

Salah satu nama tokoh yang disebut-sebut sebagai calon menteri Jokowi itu adalah Erick Thohir. Erick adalah mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN).

Erick dikabarkan bakal mengisi jabatan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, kepastian namanya baru akan disampaikan Jokowi setelah pelantikan.

Menurut Pengamat Ekonomi dan Politik, Salamudin Daeng, siapa pun calon Menteri BUMN yang terpilih nantinya, harus memiliki rekam jejak yang bersih. Terutama bebas dari kasus hukum.

Selain itu, Daeng juga meminta agar kandidat tersebut harus bebas dari konflik kepentingan pribadi. Sebab jabatan itu sangat strategis yakni mengelola ratusan perusahaan pelat merah.

"Harus melepas kepentingan bisnisnya. Menteri BUMN harus punya visi sesuai amanat pasal 33 UUD 1945," tegas Daeng saat dihubungi, Jakarta, Kamis (17/10).

Senada dengan Daeng, Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Muhamad Faisal mengungkapkan kekhawatirannya jika posisi Menteri BUMN berasal dari kalangan pengusaha seperti Erick Thohir.

Seperti diketahui, Erick merupakan kalangan pengusaha yang memiliki jaringan bisnis yang begitu luas. Mulai dari bisnis media hingga batu bara.

Nama Erick Thohir disebut-sebut akan dipilih Presiden Joko Widodo menempati posisi Menteri BUMN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close