Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesawat Pengintai Rusia Gagal Menembus Pertahanan Udara Amerika, Langsung Dicegat F-22

Minggu, 28 Juni 2020 – 13:41 WIB
Pesawat Pengintai Rusia Gagal Menembus Pertahanan Udara Amerika, Langsung Dicegat F-22 - JPNN.COM
Pesawat pengintai Tu-142 milik Rusia. Foto: Russian Planes

jpnn.com, WASHINGTON - Pesawat pengintai Rusia ternyata tidak berdaya menembus pertahanan udara Amerika Serikat. Kemarin, Sabtu (27/6), jet-jet tempur Amerika Serikat (AS) berhasil mencegat empat pesawat Rusia di lepas pantai Alaska.

Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) menulis di akun Twitter-nya bahwa jet tempur F-22 AS, didukung oleh pesawat tanker dan pesawat kontrol dan peringatan dini, mencegat empat pesawat pengintai Rusia Tu-142 yang memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ) pada Sabtu.

"Pesawat Rusia berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan AS," kata NORAD.

Menurut NORAD, Tu-142 terbang 65 mil laut di selatan gugusan pulau Aleutian Alaska dan berada di sekitar ADIZ selama hampir delapan jam.

Pencegatan tersebut terjadi setelah sebelumnya jet tempur NORAD mencegat dua pesawat patroli maritim Il-38 milik Rusia yang memasuki ADIZ Alaska pada Rabu (24/6) malam lalu.

NORAD sepanjang tahun ini telah mengidentifikasi dan mencegat pesawat militer Rusia pada 10 kesempatan terpisah ketika pesawat-pesawat tersebut terbang di wilayah ADIZ.

NORAD merupakan sebuah organisasi dua negara, AS dan Kanada, yang bertugas melakukan misi peringatan dirgantara, kontrol dirgantara, dan peringatan maritim untuk wilayah Amerika Utara. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Pencegatan tersebut terjadi setelah sebelumnya jet tempur NORAD mencegat dua pesawat patroli maritim Il-38 milik Rusia yang memasuki ADIZ Alaska pada Rabu (24/6) malam lalu

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close