Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesawat TNI AU Jatuh, KASAU: Sudah Berusia 30 Tahun

Senin, 15 Juni 2020 – 16:44 WIB
Pesawat TNI AU Jatuh, KASAU: Sudah Berusia 30 Tahun - JPNN.COM
Pesawat TNI AU jatuh di kawasan permukiman penduduk di Riau. Foto: ist-antara

jpnn.com, JAKARTA - Terkait peristiwa jatuhnya pesawat Hawk 0209 TT di pemukiman warga di Siak Hulu, Kampar, Riau, menurut Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bahwa pesawat itu masih dalam kondisi laik terbang.

"Pesawat laik terbang karena telah melalui proses pengecekan. Beberapa hari sebelumnya juga melaksanakan misi penerbangan dan berlangsung normal," kata Fadjar dalam keterangan pers di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (15/6) siang.

Dia mengatakan bahwa pesawat itu buatan tahun 1990 dan hingga saat ini telah menghabiskan 3.100 jam terbang. Meski telah berusia 30 tahun, dia mengatakan pesawat itu masih dianggap layak mengingat jam terbang dinilai normal.

"Pesawat ini buatan tahun 1990 dan sampai saat ini usia airframe-nya sudah 3.100 jam. Ini sebenarnya usia 3.100 jam tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Normal dari sisi usia penerbangan," ujarnya.

Untuk itu, ia mengatakan TNI AU akan segera melakukan investigasi mendalam terkait insiden tersebut. Ia memperkirakan, dibutuhkan dua pekan untuk melakukan investigasi penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Selama investigasi itu pula, dia mengatakan akan menghentikan sementara aktivitas penerbangan Hawk 100/200 yang memperkuat Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Kami akan melaksanakan investigasi. Dan ini membutuhkan waktu yang nantinya diharap dapat menemukan jawaban penyebab kecelakaan ini," ujarnya.

"Setelah kejadian ini, saya perintahkan untuk stop flying (terbang) dulu. Saya tidak nyatakan ini grounded, kita stop dulu pengoperasiannya untuk melaksanakan proses investigasi," lanjutnya.

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bahwa pesawat yang jatuh itu, masih dalam kondisi laik terbang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close