Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Pelajari Cara Berbagai Negara Hadapi COVID-19

Jumat, 05 Juni 2020 – 20:14 WIB
Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Pelajari Cara Berbagai Negara Hadapi COVID-19 - JPNN.COM
Benchmarking virtual peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV Lembaga Administrasi Negara (LAN). Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19) telah memukul perekonomian banyak negara lantaran gerak masyarakat terbatas akibat penguncian diri atau lockdown. Berbagai negara punya strategi dan pengalaman masing-masing dalam menanggulangi pandemi global itu.

Berbagi pengalaman antarnegara pun dilakukan, agar masyarakat di berbagai negeri tetap mampu menjalankan roda ekonominya. Adalah 41 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang melakukan benchmarking virtual ke sejumlah negara.

Benchmarking virtual itu dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pembangunan berkelanjutan pasccapandemi Covid-19 yang dilakukan sejumlah negara di tengah mandeknya roda perekonomian akibat menyebarnya virus corona.

Para peserta benchmark yang terbagi dalam empat kelompok itu melakukan kunjungan virtual ke delapan lokus negara, antara lain Thailand, China, Jepang, Korea Selatan, Austria, Vietnam, Jerman, serta Malaysia.

Tema pokok yang didiskusikan dalam benchmark tersebut adalah Digitalization of The Micro, Small, & Medium Enterprises (MSME). Artinya adalah digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Misalnya untuk benchmark di Malaysia, para peserta PKN diterima langsung oleh Wakil Duta Besar RI untuk Malaysia Krisna Hanan dan Nur Azmi dari SME Corp. Mereka menggali informasi penting dari para narasumber, seperti bagaimana manajemen produksi yang dilakukan oleh SME terhadap sertifikasi hasil produksi barang UMKM di Malaysia.

Selain itu, para peserta PKN juga menggali bagaimana strategi yang dilakukan SME Corp di tengah lockdown yang mengakibatkan pelambatan perekonomian.

Menanggapi hal itu Nur Azmi mengungkapkan, Pemerintah Malaysia memberikan stimulus ekonomi kepada para pelaku UMKM. Menurutnya, Pemerintah Malaysia menyadari UMKM menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga menjadi tumpuan perekonomian.

Para peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan benchmarking virtual ke sejumlah negara tentang cara penanggulangan COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close