Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peserta PMMD Ditugaskan di Desa Asal, Ini Penjelasan Menpora

Minggu, 26 November 2017 – 23:59 WIB
Peserta PMMD Ditugaskan di Desa Asal, Ini Penjelasan Menpora - JPNN.COM
ANTUSIAS: Suasana pembekalan kader PMMD Kemenpora 2017 di salah satu provinsi. Foto: Asdep KKP Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) bakal berjalan lebih maksimal. Salah satu upaya untuk menggenjot program PMMD agar sesuai target adalah mengubah lokasi penugasan peserta.

PMMD mirip dengan program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan ( PSP3). Namun, agar lebih efektif, Kemenpora melalui Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda melakukan modifikasi.

Dahulunya, para sarjana peserta PSP3 ditugaskan di desa yang berbeda dengan tempat asal mereka. Sedangkan peserta PMMD yang jumlahnya mencapai 1.500 orang justru ditugaskan di desa asal mereka.

"Kenapa demikian, agar para sarjana ini tidak perlu adaptasi terlalu lama. Kalau duu satu bulan adaptasi dulu, mengenal budaya, baru bergerak. Saat inj mereka sudah paham desanya dan tinggal bergerak," ungkap Imam, Sabtu (25/11).

Nantinya, para kader PMMD yang telah paham betul medan di daerah mereka diharapkan bisa segera melakukan aktivitas pembangunan kemandirian bersama para pemuda desa tempatnya berasal. Dengan demikian, PMMD diharapkan berjalan sesuai target.(dkk/jpnn)

Tujuan utama PMMD:

  1. Mengubah cara berpikir (paradigma), sikap dan perilaku pemuda Indonesia bahwa kesuksesan sangat sederhana dan dekat sekali. Kesuksesan bisa dimulai dari desa.
  2. Memberi kesempatan bagi pemuda peserta PMMD di provinsi asal melakukan percepatan pengenalan potensi diri dan kearifan lokal guna mengembangkan seluruh potensi desa.
  3. Bersama-sama pemuda desa membangun Indonesia dari pinggiran serta bersama mereka mampu bersaing menghadapi persaingan bebas di tingkat Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Menpora Imam Nahrawi memastikan program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) bakal berjalan lebih maksimal. Caranya adalah mengubah lokasi penugasan.

Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   adv_pmmd 
BERITA LAINNYA
X Close