Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani Malangbong, Garut Siap Panen Raya Jagung

Sabtu, 04 April 2020 – 15:10 WIB
Petani Malangbong, Garut Siap Panen Raya Jagung - JPNN.COM
Penggunaan alsintan untuk panen jagung. Foto: Kementan

jpnn.com, GARUT - Pandemi COVID-19 tidak menjadi halangan bagi petani untuk panen raya jagung. Di kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, para petani tetap aktif panen raya jagung seluas 1.523 Ha seraya menjalankan protokol kesehatan penanganan virus COVID-19.

"Para petani di sini selalu menjaga keamanan tetapi memang tetap melakukan pekerjaannya di sawah seperti biasa dan tidak ada self isolation. Namun, para petani di sini tetap melakukan langkah penanganan pencegahan penyebaran Covid-19," kata THL TBPPD UPT Pertanian Kec.Malangbong Kab.Garut, Ai Yoyoh Siti Waliah saat diwawancarai pada Sabtu (4/4).

THL yang sering disapa Ai ini mengatakan bahwa para petani di Kecamatan Malangbong sering mencuci tangan, tetap menjaga kesehatan dan yang paling penting berusaha tetap menjaga jarak 1 meter dalam bekerja.

Selain itu, Dinas Pertanian Malangbong bersama dengan pemerintah daerah yang berkaitan juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area desa untuk memastikan kecamatan hingga desa tetap terjaga.

"Allhamdulilah petani disini tetap aman. Namanya petani yang kerja di sawah kalau panen mereka tunda maka panen bisa tidak terlaksana dan tidak ada hasil," ucapnya.

Ai mengungkapkan panen raya jagung di Kecamatan Malangbong sudah dimulai dari awal bulan Maret dan akan berlangsung hingga bulan April. Panen Jagung dilakukan di lahan seluas 1.523 Ha dengan produktivitas 6,4 Ton/Ha dengan beragam varietas jagung diantaranya BISI -16,BISI -18, NK 212 dan lainnya.

"Harga jagung pun membuat petani tersenyum, Rp.3.500 hingga Rp.3.600 per kilogram pipil kering panen," ujarnya.

Di kesempatan yang berbeda, Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus memantau pergerakan harga dan stok pangan di seluruh daerah, sehingga petani dan masyarakat tidak perlu resah.

Di tengah pandemi corona, petani Malangbong, Garut, bersiap panen raya jagung seluas 1.523 ha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close