Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani Timor Leste Jadi Pekerja Musiman Australia

Sabtu, 11 Juni 2016 – 20:59 WIB
Petani Timor Leste Jadi Pekerja Musiman Australia - JPNN.COM

Jarak antara Timor Leste ke Kimberley Timur, Australia Barat, mungkin hanya beberapa ratus kilometer. Tetapi bagi warga Timor Leste yang datang ke sana, dua dunia itu tampak terpisah.

Sepuluh pria Timor Leste berada di antara orang pertama yang melakukan perjalanan ke Kununurra di ujung utara Australia Barat, untuk bekerja di lahan pertanian, di bawah Program Pekerja Musiman.

Ketika mereka tak sibuk menghabiskan stok lele di Ord Valley, 10 pria ini sibuk memilih dan menyiangi tanaman seperti chia.

Salah satu pekerja, Carlito Gabriel, mengatakan, hanya sedikit yang bisa dibandingkan dari peternakan di Timor Leste dan Kununurra.

"Ini sangat, sangat berbeda karena petani di Timor Leste ... mereka menanam labu, kacang di satu lahan. Pertaniannya kecil, sekitar satu atau dua hektar untuk satu keluarga saja. Mereka menanam untuk dimakan, bukan hanya untuk dijual," jelasnya.

Petani Timor Leste Jadi Pekerja Musiman Australia
Pekerja musiman asal Timor Leste sedang memilih dan menyiangi  tanaman di Kununurra.

ABC; Tom Edwards

Carlito mengatakan, sistem irigasi khas Ord Valley adalah pemandangan yang mengesankan bagi para pekerja musiman.

"Di Timor Leste, kami tak pernah menggunakan pipa seperti ini untuk mengairi pertanian. Australia memiliki pertanian dengan gaya yang sangat modern," akunya.

Jarak antara Timor Leste ke Kimberley Timur, Australia Barat, mungkin hanya beberapa ratus kilometer. Tetapi bagi warga Timor Leste yang datang ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA