Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran di Gunung Arjuno

Selasa, 01 Oktober 2019 – 22:54 WIB
Petugas Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran di Gunung Arjuno - JPNN.COM
Lahan yang terbakar di Gunung Arjuno. Foto: dokumen KLHK untuk JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Insiden kebakaran sempat terjadi di resort Pemangkuan Hutan (RPH) Dayurejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawang Barat, KPH Pasuruan, yang termasuk dalam wilayah Lereng Ringgit, Gunung Arjuno, Pasuruan, Jawa Timur.

Kebakaran ini diketahui oleh petugas Perhutani yang sedang melakukan patroli pada Senin (30/9) sekitar pukul 15.00 WIB. Ketika itu petugas melihat kepulan asap dari lahan terbakar yang berasal dari wilayah petak 51 C.

Petugas kemudian mengambil langkah-langkah untuk memadamkan api yaitu dengan berkoordinasi dengan pihak terkait antara lain TNI dan Polri.

Petugas kemudian menyampaikan informasi ke Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bumi Lestari Mulyorejo untuk ikut membantu pemadaman. Petugas kemudian membuat ilaran atau sekat bakar diikuti dengan pemadaman langsung ke titik api.

"Petugas juga telah melaporkan kepada Asper BKPH Lawang Barat. Luas baku petak 51 C adalah 15,5 hektare (ha) dan lahan yang terbakar adalah seluas sekitar 6 hektare,” sebagaimana keterangan pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (1/10).

Pukul 17.30 WIB, api dapat dipadamkan dengan melibatkan petugas sebanyak 58 orang yang terdiri dari petugas Perhutani 6 orang, Instansi Koramil jumlah 5 orang, Instansi Kodim 1 orang, LMDH 10 orang, LSM Gerojokan Sewu 14 orang, Tahura R. Soerjo 16 orang, dan polsek 6 orang.

BACA JUGA: Usai Dilantik, Anggota DPR asal Papua Beri Pernyataan Begini Soal Rusuh Wamena dan KKB

Sumber api atau penyebab kebakaran diduga adalah ulah dari orang yang tidak bertanggung jawab. Taksiran kerugian akibat kebakaran masih dalam perhitungan. Jenis tanaman yang terbakar antara lain paitan, tehtehan, dan rumput gabut dan sebagian pohon pinus. (cuy/jpnn)

Insiden kebakaran sempat terjadi di resort Pemangkuan Hutan (RPH) Dayurejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawang Barat, KPH Pasuruan, yang termasuk dalam wilayah Lereng Ringgit, Gunung Arjuno, Pasuruan, Jawa Timur.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close