Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PGN Disebut Dapat Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia

Kamis, 22 April 2021 – 18:37 WIB
PGN Disebut Dapat Optimalkan Kebutuhan LNG Dunia - JPNN.COM
Perusahaan Gas Negara (PGN). Foto dok PGN

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan Gas Negara (PGN) memiliki posisi strategis dalam penyediaan energi yang ramah lingkungan dan efisien di dalam negeri.

Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Arcandra Tahar mengatakan melalui penyediaan gas bumi di dalam negerri, PGN dapat memasok kebutuhan liquid natural gas (LNG) ke pasar global yang makin besar.

Menurut Arcandra, d ari total produksi gas Indonesia sebanyak 7.000 MMSCFD, sekitar 60-70 persen digunakan untuk kebutuhan di dalam negeri. Sementara sisanya sebagian besar di ekspor dalam bentuk LNG.

Sampai tahun 2030, Wood Mackenzie memperkirakan kebutuhan LNG akan mencapai 550 juta ton per tahun. Sementara pasokan di pasar ditaksir hanya sekitar 450 juta ton per tahun.

"Dengan adanya gap antara supply dan demand LNG yang cukup besar tersebut PGN dapat memainkan peran pentingnya untuk mengoptimalkan peluang itu," kata Arcandra dikutip dari laman Facebook pribadinya, Rabu (21/4).

Dia menuturkan, sebagai perusahaan gas nasional, PGN ditantang untuk terus meningkatkan kapasitasnya, baik dari aspek SDM, teknologi dan juga finansial agar mampu bersaing dengan perusahaan gas dunia lainnya.

Wakil menteri ESDM Kabinet Kerja 2016-2019 itu menjelaskan, sebagai inisiator pembangunan infrastruktur dan mengelola lebih dari 80 persen jaringan gas bumi, PGN saat ini baru mengelola sebanyak 900 MMSCFD atau sekitar 15 persen dari total produksi gas bumi Indonesia per tahunnya.

Untuk meningkatkan pasokan dan penjualan gasnya, PGN disebut Arcandra, dapat bekerja sama dengan Pertamina yang sudah memiliki banyak kontrak LNG di luar negeri.

Melalui penyediaan gas bumi di dalam negeri, PGN dinilai dapat memasok kebutuhan LNG dunia yang makin besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close