Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Picu Pertumbuhan Wirausahawan

Pengembangan Kawasan Mandalika

Selasa, 13 September 2011 – 11:33 WIB
Picu Pertumbuhan Wirausahawan - JPNN.COM

JAKARTA
-Islam mengajarkan nilai penting kesejahteraan ekonomi sebagai salah satu pilar kemajuan peradaban. Semakin tinggi kesejahteraan ekonominya, maka umat Islam makin memahami kehadirannya sebagai rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam). Demikian dikatakan Menteri Bidang Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa ketika menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun ke- 76 Nahdlatul Wathan (NW), salah satu organisasi Islam terbesar di Nusa Tenggaran Barat (NTB).

Dalam peringatan itu, puluhan ribu umat Islam memadati Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor, Lombok Timur. Itulah sebabnya, lanjut Hatta, pemerintah memberikan perhatian besar terhadap pembangunan ekonomi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah meluncurkan Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Dalam program itu, pembangunan NTB masuk dalam Nusa Tenggara dan Bali. ”Demi mengembangkan pariwisata di NTB, kita akan meresmikan bandara internasional yang megah di Lombok bulan depan. Kemudian diikuti peresmian kawasan pariwisata di Mandalika yang tidak kalah menarik dari Bali,’’ jelas Hatta, akhir pekan lalu.

Selain mengembangkan pariwisata, pemerintah akan meningkatkan pertanian di NTB dengan membangun waduk-waduknya, mengembangkan peternakan, serta kerajinan gerabah yang banyak tumbuh di kalangan masyarakat Lombok. ”Kerajinan itu akan kita tingkatkan dari ekonomi kecil menjadi ekspor,” ujar Hatta. Ketua umum DPP Partai Amanat Nasional ini menegaskan, potensi daerah yang paling menjanjikan untuk dikembangkan di NTB adalah pariwisata. Karenanya, pada 22 Juli lalu, pemerintah memutuskan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata di provinsi ini. Salah satunya dengan menetapkan areal seluas 1.200 hektare di Lombok bagian selatan yakni Mandalika sebagai kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Nasional.

Hatta yakin, pengembangan kawasan Mandalika akan memicu pertumbuhan wirausaha baru serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Dengan melancarkan sederet program-program tersebut, pembangunan NTB bakal terakselerasi dengan cepat. ”Kami akan perhatikan dengan sungguh-sungguh apa keinginan masyarakat NTB. Perubahan-perubahan yang terjadi harus terus kita akselerasi dan kita berikan dukungan. NTB tidak boleh lagi menjadi daerah tertinggal. Sekarang sudah terlihat ekonominya menggeliat,” pungkas Hatta. (dri)

JAKARTA-Islam mengajarkan nilai penting kesejahteraan ekonomi sebagai salah satu pilar kemajuan peradaban. Semakin tinggi kesejahteraan ekonominya,

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close