Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilih Basrief, SBY Ingin Puaskan Publik

Sudah Kenal Saat jadi Menko Polkam

Sabtu, 27 November 2010 – 23:44 WIB
Pilih Basrief, SBY Ingin Puaskan Publik - JPNN.COM
JAKARTA -- Staf khusus Presiden Bidang Hukum, Denny Indrayana, membeberkan alasan mengapa Presiden SBY memilih Basrief Arief sebagai Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji. Rupanya, SBY ingin memuaskan publik, baik yang menghendaki Jaksa Agung dari jaksa karier, maupun yang mendesak agar jabatan strategis itu diisi jaksa non karier.

Basrief yang sudah pensiun, menurut SBY, berarti bisa dimaknai bukan seratus persen jaksa karier. "Ibarat tentara, jika sudah pensiun, berarti menjadi warga sipil," ujar Denny Indrayana saat diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (27/11).

Di sisi lain, meski sudah pensiun, Basrief masih punya "akar" di Kejagung. "Jadi, setengah jaksa, setengah non karir," ujarnya. Dijelaskan, Presiden mendengarkan semua aspirasi yang berkembang menjelang pergantian Jaksa Agung. Aspirasi yang berkembang itu, dikatakan SBY, melihat masalah ini dari berbagai sisi. "Sedang beliau (Presiden SBY, red), melihatnya dari atas, dari berbagai sisi," katanya.

Alasan lain, lanjut Denny, memang SBY sudah mengenal sosok Basrief saat SBY menjabat sebagai Menko Polkam di era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Basrief menjabat sebagai wakil jaksa agung. "Saat itu banyak berinteraksi. Faktor kenal ini yang juga mempengaruhi dan itu sangat wajar," ujar Denny.

JAKARTA -- Staf khusus Presiden Bidang Hukum, Denny Indrayana, membeberkan alasan mengapa Presiden SBY memilih Basrief Arief sebagai Jaksa Agung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA