Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilkada Solo Bisa Jadi Jembatan Gibran Menuju Pilpres 2024

Senin, 27 Juli 2020 – 18:24 WIB
Pilkada Solo Bisa Jadi Jembatan Gibran Menuju Pilpres 2024 - JPNN.COM
Gibran Rakabuming Raka. Foto: Instagram Gibran

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menganalisis, pemilihan wali kota Solo 2020 bisa jadi jembatan bagi putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka maju di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Menurut Ujang, kemungkinan tersebut sangat terbuka karena dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi.

Apalagi, jarak antara pelaksanaan Pilkada 2020 dengan Pilpres 2024 cukup jauh, terbentang waktu yang cukup panjang selama empat tahun.

"Bisa disebut begitu, akan berusaha membangun jembatan untuk bisa maju di Pilpres 2024," ujar Ujang kepada jpnn.com, Senin (27/7).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini kemudian menjabarkan alasan lainnya. Kenyataan bahwa saat Pilpres 2024 mendatang Joko Widodo masih menjabat sebagai presiden.

Artinya, pengaruh mantan gubernur DKI Jakarta itu masih akan sangat kuat pada saat pelaksanaan hajatan lima tahunan rakyat Indonesia tersebut.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini mengakui, perbedaan saat Jokowi maju di Pilpres 2014 lalu, berbeda dengan kondisi Pilpres 2024 mendatang.

"Pilpres dilaksanakan di 2024, Jokowi ayahnya Gibran masih jadi presiden. Namun, beda Jokowi, beda Gibran. Di Pilpres 2014 yang lalu ada Jokowi efek. Sepertinya di Pilpres 2024 tak akan ada Gibran efek," katanya.

Pengaruh Jokowi masih kuat sehingga Gibran Rakabuming bisa saja maju di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close