Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilkada Tangsel, Masih Banyak Pemilih Ganda

Sabtu, 17 Juli 2010 – 12:04 WIB
Pilkada Tangsel, Masih Banyak Pemilih Ganda - JPNN.COM
TANGSEL-Setelah lima hari menggelar verifikasi, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPUD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menemukan ratusan pemilih yang namanya tercantum lebih dari satu kali dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diterima KPU Kota Tangsel dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel. Rencananya verifikasi data pemilih akan digelar hingga 31 Juli 2010 mendatang.

        

Ketua KPU Kota Tangsel, Iman Perwira Bachsan mengatakan, dari hasil evaluasi yang dilakukan pemilih ganda yang tercantum dalam DP4 ditemukan di hampir semua wilayah. Hal itu karena, DP4 yang berasal dari Disdukacapil Kota Tangsel kurang maksimal pendataannya. Salah satu contoh temuan pemilih ganda, dalam DP4 nama orang yang sama dimasukkan kembali dengan penulisan yang berbeda.

 

”Contohnya, nama orang itu Agus Suparman. Lalu, ditemukan juga nama A Suparman, padahal orangnya dia-dia juga dengan alamat yang sama,” jelas Imam. Seharusnya guna menghindari pemilih ganda pada saat verifikasi DP4 dimasukkan nama ibu dari orang bersangkutan. Dengan pencantuman itu akan memudahkan petugas melakukan validasi. ”Sebelum DP4 dari diserahkan  ke KPU Kota Tangsel, Disdukcapil sudah mencoret 164 ribu pemilih ganda. Namun tetap saja masih ada,” cetus Imam lagi. 

Terpisah, Anggota Komisi A DPRD Kota Tangsel Amar menyatakan keraguannya terhadap DP4 dari Disdukcapil yang saat ini tengah diverifikasi KPUD Kota Tangsel. Salah satu alasannya, verifikasi kependudukan yang dilakukan petugas Disdukcapil tidak langsung ke warga.  ”Petugas hanya minta ke RT. Lalu RT juga cuma menyerahkan data yang dimilikinya tanpa melakukan pendataan langsung ke warga. Makanya, verifikasi KPUD Kota Tangsel harus lebih maksimal lagi,” tandasnya.(kin)

TANGSEL-Setelah lima hari menggelar verifikasi, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPUD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menemukan ratusan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA