Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilkada untuk Kemajuan Daerah, Jangan Golput

Selasa, 14 Februari 2017 – 22:12 WIB
Pilkada untuk Kemajuan Daerah, Jangan Golput - JPNN.COM
Setya Novanto. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pemungutan suara Pilkada serentak 2017 di 101 daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia dilaksanakan besok, Rabu (15/2).

Persiapan teknis seperti pengiriman logistik dan surat suara sampai persiapan pengamanan menjelang pencoblosan dinilai cukup baik dan lancar.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Setya Novanto mengimbau semua pihak yang terkait dan bertanggung jawab atas pelaksanaan Pilkada dapat mengemban tugas dan bekerja sama demi terciptanya penyelenggaraan Pilkada yang aman, sukses dan bermartabat.

"Selaku Ketua DPR Republik Indonesia saya mengimbau pemerintah, KPU, Bawaslu, Polri dan TNI dapat bekerja sama untuk memastikan terselenggaranya pilkada serentak yang aman, sukses dan bermartabat," imbau Novanto.

Namun tentu saja, sambung Novanto, sukses tidaknya pelaksanaan pilkada serentak tidak hanya bergantung kepada pemerintah, KPU, Bawaslu serta pihak keamanan.

"Tapi juga peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan agenda demokrasi ini bermartabat,” katanya.

Ia mengutarakan sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia juga mempunyai kepentingan untuk terus menunjukan prestasi dan capaian demokrasi. Sebab Pilkada merupakan salah satu instrumen demokrasi yang bukan saja melibatkan seluruh elemen masyarakat, tapi juga disaksikan dunia internasional.

"Indonesia punya kepentingan untuk terus memajukan demokrasi sebagai suatu sistem untuk mewujudkan kesejahteraan. Pemilihan umum di Tanah Air selalu mendapat apresiasi, dijadikan barometer dan inspirasi bagi dunia internasional. Karenanya kita patut berbangga dan menyambut pesta demokrasi ini dengan suka cita dan penuh rasa tanggung jawab," jelas Novanto.

Pemungutan suara Pilkada serentak 2017 di 101 daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia dilaksanakan besok, Rabu (15/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close