Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilpres 2019: Makin Sulit Melabeli Jokowi Anti - Islam

Rabu, 18 April 2018 – 23:20 WIB
Pilpres 2019: Makin Sulit Melabeli Jokowi Anti - Islam - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo menyalami ulama di Universitas Islam Malang pada Kamis (29/3). Foto: biro pers istana

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing mengatakan, predikat sebagai tokoh muslim paling berpengaruh di dunia memberi dampak sangat positif pada Joko Widodo di Pilpres 2019.

Pasalnya, predikat diberikan 'The Royal Islamic Strategic Studies Centre' yang berada di Amman, Jordania. Mantan Wali Kota Surakarta itu berada di urutan 16 "The Muslim 500".

"Jadi, ada atau tidak ada stigma anti-Islam pada Jokowi, predikat yang disematkan sangat berpengaruh," ujar Emrus kepada JPNN, Rabu (18/4).

Menurut Emrus, stigma yang coba dibangun pihak tertentu bahwa Jokowi anti-Islam sebenarnya sangat tidak berdasar. Mantan gubernur DKI Jakarta itu lahir di lingkungan muslim yang taat beribadah.

Selain itu, dari keseharian juga Jokowi rajin beribadah. Bahkan saat berkunjung ke Afghanistan dia menjadi imam. Tepatnya saat salat berjamaah d Masjid Kompleks Istana Kepresidenan Arg, di Kabul, Senin (29/1) lalu.

"Jadi saya kira, kalau ada pihak yang melabelkan Jokowi anti-Islam, kemungkinan tujuannya untuk politik," katanya.

Pengajar di Universitas Pelita Harapan (UPH) ini menduga, pihak tersebut ingin membangun opini di tengah publik bahwa Jokowi tidak sesuai dengan tokoh yang mereka inginkan memimpin Indonesia.

"Jadi (stigma anti Islam) hanya coba dilabelkan segelintir kalangan saja. Buktinya Pak Jokowi berada di urutan 16 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. (gir/jpnn)

Pengamat politik Emrus Sihombing mengatakan, predikat sebagai tokoh muslim paling berpengaruh di dunia membuat Jokowi semakin sulit dilabeli antiIslam

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close