Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilpres 2024 Bakal Sengit, Dedi Sebut 3 Poros, Begini Analisisnya

Kamis, 26 Mei 2022 – 19:00 WIB
Pilpres 2024 Bakal Sengit, Dedi Sebut 3 Poros, Begini Analisisnya - JPNN.COM
Pengamat Kebijakan Publik Dedi Kurnia Syah. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksektuf Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan persaingan pada Pilpres 2024 bakal berlangsung sengit.

Dedi beralasan parpol yang akan berkoalisi memungkinan dan bisa memenuhi syarat ambang batas untuk mengajukan tiga poros atau pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Poros pertama, kata dia, bakal diisi oleh koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra. Kemungkinan kandidat yang diusung adalah Puan Maharani dan Prabowo Subianto.

"PDIP punya Puan Maharani yang mulai menonjol sekaligus sebagai tokoh sentral di partai. Gerindra punya Prabowo Subianto yang digadang akan tetap maju sebagai capres tunggal di Gerindra," kata Dedi melalui layanan pesan, Kamis (26/5).

Dosen Komunikasi Politik Universitas Telkom itu mengatakan poros kedua akan diisi oleh koalisi Golkar, PAN, PPP, dan PKB. 

Menurut Dedi, PKB memiliki kecenderungan dekat dengan Golkar sehingga dirinya tidak heran parpol yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu bakal merapat ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Golkar, PAN, dan PPP diketahui sudah membentuk poros politik lebih awal dengan menamai kerja sama mereka dengan KIB.

"PKB punya kecenderungan lebih dekat pada Golkar dibandingkan dengan PDIP," ujar Dedi.

Dedi Kurnia Syah memprediksi Pilpres 2024 bakal berlangsung sengit dan diikuti tiga poros atau tiga pasangan capres-cawapres, begini analisisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close