Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pimpinan MPR Minta Masyarakat Patuhi Larangan Mudik

Jumat, 24 April 2020 – 19:16 WIB
Pimpinan MPR Minta Masyarakat Patuhi Larangan Mudik - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: dok.pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengajak masyarakat mematuhi kebijakan larangan mudik Lebaran yang diberlakukan pemerintah demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di tanah air.

Lestari menilai kebijakan larangan mudik yang diberlakukan pemerintah merupakan hasil evaluasi dari sebelumnya yang sifatnya imbauan.

“Dengan kebijakan yang lebih tegas saya berharap masyarakat bisa mematuhi untuk tidak mudik," kata Lestari dalam keterangan, Jumat (24/4).

Seperti diketahui, Jumat (24/4), merupakan hari pertama pelaksanaan kebijakan larangan mudik. Namun diberitakan sejumlah media, Kamis (23/4), jalur pantai utara Jawa ramai dipadati pengendara roda dua dari arah Jakarta menuju ke sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pada beberapa hari sebelumnya di sejumlah terminal dan stasiun kereta api di Jakarta juga terlihat lonjakan penumpang tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Para perantau memilih mudik lebih dini karena kesulitan mencari nafkah di perantauan. Para perantau rela untuk menjalani isolasi ketika tiba di kampung halamannya daripada harus menanggung himpitan beban ekonomi di Jakarta yang tidak jelas ujungnya.

Menyikapi kondisi tersebut, Lestari menyarankan pemerintah mencari solusi berbasiskan rasa keadilan untuk bagaimana mencegah perantau yang kehilangan mata pencaharian agar tidak pulang kampung namun kebutuhan mereka bisa terpenuhi.

"Perlu ada solusi menyeluruh bagaimana mengatasi persoalan ini," ujar politikus Partai NasDem yang karib disapa Rerie itu.

Lestari Moerdijat mengajak masyarakat mematuhi kebijakan larangan mudik Lebaran demi memutus rantai penyebaran Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close