Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pj Gubernur Lampung Samsudin Perintahkan Hindari Tiga Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan

Senin, 15 Juli 2024 – 20:07 WIB
Pj Gubernur Lampung Samsudin Perintahkan Hindari Tiga Dosa Besar dalam Dunia Pendidikan - JPNN.COM
Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin. Foto: source for jpnn

jpnn.com, LAMPUNG - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan kegiatan yang sangat penting bagi para anak didik untuk memperkenalkan lingkungan barunya.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin, saat menjadi Pembina Apel pembukaan MPLS peserta didik baru SMA/SMK Negeri/Swasta se-Provinsi Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 di Wisata Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Pringsewu, Senin (15/7/2024).

Oleh karena itu, Pj. Gubernur Lampung Samsudin pun menegaskan bahwa melalui MPLS ini harus bisa memberikan kesan positif dan hangat kepada para peserta didik baru untuk memulai proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dijenjang pendidikan barunya.

"Melalui MPLS kali ini saya perintahkan kepada Kadis Pendidikan baik provinsi hingga Kab/Kota, para Kepala Sekolah, pengawas sekolah dan seluruh jajaran di bawahnya agar dihindari model-model kegiatan yang mengarah perploncoan dan kekerasan kepada para peserta didik baru," tegas Samsudin.

Samsudin mengatakan jika sekolah merupakan tempat kedua bagi anak-anak dalam menghabiskan waktunya sehari-hari.

Namun, menurutnya, saat ini dunia pendidikan tengah mengalami tantangan besar dengan adanya tiga dosa besar dalam pendidikan dan hal tersebut mulai saat ini tidak boleh terjadi lagi dalam dunia pendidikan.

"Mulai saat ini tiga dosa besar tidak boleh terjadi lagi dalam dunia pendidikan kita, seperti perundungan yakni membuly antara satu sama lain, kemudian kekerasan seksual dan intoleransi. Ketiga dosa besar itu tidak boleh dilakukan dalam dunia pendidikan," pintanya.

"Dampak dari ketiganya selain menghambat terwujudnya lingkungan belajar yang baik, juga memberikan trauma yang bahkan dapat bertahan seumur hidup seorang anak didik. Oleh karena itu sekali lagi saya tegaskan kepada Kadis Pendidikan baik provinsi hingga Kab/Kota, para Kepala Sekolah, pengawas sekolah dan seluruh perangkat dalam dunia pendidikan untuk selalu mengawasi dan mencegah terkait dengan tiga dosa besar dalam pendidikan yang saya sebutkan tadi," ucapnya.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan kegiatan yang sangat penting bagi para anak didik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA