Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKS: OPM Adalah Pemberontak dan Teroris

Jumat, 27 Desember 2019 – 19:29 WIB
PKS: OPM Adalah Pemberontak dan Teroris - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari. Foto: Dok. DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyahri menilai OPM adalah kelompok pemberontak yang akan melakukan segala cara untuk memisahkan diri dari NKRI. Mereka bahkan tak segan menghabisi nyawa warga sipil.

Tak hanya melakukan pemberontakan, kata Kharis, OPM juga berupaya terus menggalang dukungan dari luar negeri. Termasuk, mempropaganda masyarakat internasional agar mendukung gerakan Free West Papua dengan menyuarakan isu pelanggaran HAM di Bumi Cenderawasih tersebut.

"Memang begitu yang terjadi. Mereka menggalang pengaruh ke luar negeri. Sudah banyak informasi seperti itu," ujarnya saat dihubungi wartawan, Jumat (27/12).

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menegaskan, keberadaan OPM adalah sebuah ancaman bagi NKRI. Pasalnya, menurut dia, organisasi tersebut sudah merongrong kedaulatan negara.

Kharis menilai, apa yang dilakukan OPM itu adalah sebuah bentuk makar terhadap pemerintahan yang sah. Selain itu, menurutnya, mereka juga bisa disebut sebagai teroris karena mengganggu keamanan masyarakat.

"Bisa makar, bisa teroris, bisa macam-macam. Teror karena menebar ketakutan kepada masyarakat yang sudah hidup tenang. Bahkan masyarakat hingga prajurit sudah jadi korban. Makar karena melawan negara yang sah. Mau disebut apapun silakan, karena memenuhi semua," jelas Kharis.

Dihubungi terpisah, peneliti Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK), Universitas Padjadjaran (Unpad) Nanang Suryana mengatakan, kelahiran OPM memang untuk perjuangan kemerdekaan Papua.

"Konsep negara kesatuan yang menempatkan Papua menjadi bagian dari Indonesia bertentangan dengan doktrin politik mereka (OPM)," katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyahri menilai OPM adalah kelompok pemberontak yang akan melakukan segala cara untuk memisahkan diri dari NKRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close