Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Legislator PKS Soroti Berubahnya Angka Komponen BIPH 2024, Dinilai Janggal

Jumat, 24 November 2023 – 13:13 WIB
Legislator PKS Soroti Berubahnya Angka Komponen BIPH 2024, Dinilai Janggal - JPNN.COM
Anggota Komisi VIII DPR RI Wisnu Wijaya menyoroti perubahan kejanggalan angka pada salah satu komponen BPIH 2024 yang berubah dalam sekejap. ANTARA/Anggi Mayasari

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Wisnu Wijaya menyoroti perubahan kejanggalan angka pada salah satu komponen BPIH 2024 yang berubah dalam sekejap. 

Wisnu mengungkapkan ada perbedaan angka yang sempat muncul pada komponen Biaya Penerbangan (PP) di Rapat Panja BPIH, Rabu 22 November 2023. 

“Sebelum rapat kita skors pada Kamis 22 November 2023, pukul 17.18, pada lembaran yang diterima Anggota Panja, biaya komponen penerbangan (PP) tertera senilai Rp 33.327.838,00. Namun, ketika rapat kembali dimulai sekitar pukul 19.30, terdapat lembaran lain dengan angka pada komponen Biaya Penerbangan (PP) sebesar Rp 33.427.838,00 atau naik Rp 100.000,00 tanpa konfirmasi. Lengah sekejap, angka berubah,” ujar Wisnu dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (24/11).

Selain itu, Wisnu juga mempertanyakan alasan syar’i kenapa jemaah diharuskan membayar full 1 kali tiket PP yang sama sekali tidak mereka pakai. 

Menurutnya, jika dicek di aplikasi travelling, sebenarnya harga tiket Jakarta-Jeddah di bulan-bulan haji hanya berkisar di angka Rp15-16 juta (PP). 

Padahal, pada komponen penerbangan BPIH (PP), biaya yang dibebankan per jemaah mencapai Rp 33,4 juta atau dua kali lipat lebih mahal.  

“Jika ini bisa ditekan sehingga jemaah haji hanya membayar 50 persen dari biaya penerbangan yang diusulkan Kemenag, atau hanya membayar sesuatu yang betul-betul mereka gunakan, maka angka yang bisa dipangkas dari beban pembayaran calon jemaah haji, baik per individu bisa berkurang sekitar Rp16 juta maupun kolektif sekitar (Rp16 juta x 241 ribu jemaah) Rp 3,8 triliun. Apalagi jika penerbangannya dilakukan dengan jumlah rombongan yang banyak, maka semestinya kita bisa peroleh diskon, bukan?” tegas Wisnu.

Wisnu juga mengatakan pada komponen biaya penerbangan efisiensi juga bisa dilakukan pada komponen Khidmatul Masyair.

Anggota Komisi VIII DPR RI Wisnu Wijaya menyoroti perubahan kejanggalan angka pada salah satu komponen BPIH 2024 yang berubah dalam sekejap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   BIPH  Biaya Haji  PKS  haji 
BERITA LAINNYA
X Close