Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKS Tagih Janji soal Pasokan Oksigen Industri ke Sektor Medis, Menohok

Rabu, 14 Juli 2021 – 14:17 WIB
PKS Tagih Janji soal Pasokan Oksigen Industri ke Sektor Medis, Menohok - JPNN.COM
PKS tagih janji pemerintah mengalirkan oksigen industri ke medis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan Mulyanto menagih janji pemerintah soal pengalihan gas oksigen industri untuk kepentingan medis.

Mulyanto melihat hingga saat ini kebijakan itu belum dijalankan, sehingga beberapa rumah sakit masih kesulitan mendapatkan pasokan oksigen untuk melayani pasien.

Anggota Komisi VII DPR RI ini mendapat laporan hingga saat ini perusahaan penghasil bahan baku liquid oxygen masih menyalurkan produknya ke sektor industri. Akibatnya produsen gas oksigen untuk medis kekurangan bahan baku.

"Padahal kami berharap produsen gas oksigen medis dapat mengoptimalkan kapasitas untuk mencapai 100 persen dan menambah kapasitas produksi baru. Upaya ini tidak bisa dipenuhi kalau bahan baku liquid oxygen-nya tetap dialirkan ke sektor industri seperti biasa," tegas Mulyanto, di Jakarta, Rabu (14/7).

Mulyanto meminta pemerintah serius mengawasi distribusi dan alokasi bahan baku liquid oxygen ini di lapangan.

"Bila tidak ujung-ujungnya produksi gas oksigen untuk sektor medis tetap akan mengalami kekurangan dan ujung-ujungnya kita hanya mengandalkan impor gas oksigen," tegas Mulyanto.

Seperti diketahui produksi gas oksigen dalam negeri total sebesar 640 juta ton per tahun dengan kapasitas produksi sebesar 74 persen. Dari jumlah ini sektor industri dialokasikan sebesar 70 persen, sedang sektor medis dialokasikan sebesar 30 persen.

Peningkatan tajam kebutuhan gas oksigen di sektor medis, maka dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi gas oksigen yang belum optimal.

Pemerintah juga berjanji akan meningkatkan alokasi gas oksigen untuk sektor medis bahkan mencapai 100 persen.

"Jadi, implementasi janji pemerintah untuk menggeser alokasi gas oksigen dari sektor industri ke sektor medis hingga 100 persen di masa-masa panik seperti sekarang ini sangat ditunggu," tegas Mulyanto. (mcr10/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Wakil Ketua FPKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan Mulyanto menagih janji pemerintah soal pengalihan gas oksigen industri untuk kepentingan medis.

Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close