Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PLN Investasi Rp 49 M di Lombok

Bangun Kabel Bawah Laut 4,2 Kilometer

Rabu, 24 Oktober 2012 – 04:04 WIB
PLN Investasi Rp 49 M di Lombok - JPNN.COM
LOMBOK - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 49 miliar untuk membangun kabel bawah laut di tiga pulau kecil (Gili) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Proyek itu membuat tiga pulau wisata tersebut bebas dari kebisingan mesin diesel yang terpasang sejak tahun 1990-an.

"Tujuan dari pembangunan kabel bawah laut itu memang de-dieselisasi (membebaskan dari mesin diesel) yang mengkonsumsi solar sangat banyak, lagian suara mesin dieselnya sangat bising sehingga mengganggu wisatawan yang berkunjung," ujar General Manager NTB, Akbar Ali saat meninjau titik penyambungan (landing point) kabel darat dengan kabel bawah laut di Pantai Sire, Lombok, Selasa (23/10).

Sesuai dengan kondisi geografisnya, pusat wisata di Lombok terdiri dari tiga pulau yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Selama ini ketiga pulau ini mengandalkan listrik dari generator diesel berkapasitas besar yang mencapai 1,2 megawatt (MW).

Dengan gencarnya pariwisata, terakhir konsumsi listrik tiga pulau it mencapai 1,2 MW. "Banyak hotel dan resort yang konsumsi listriknya besar," tegasnya

LOMBOK - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 49 miliar untuk membangun kabel bawah laut di tiga pulau kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA