Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PM Tiongkok Wen Jiabao, Dilempar Sepatu di Cambridge University

Rabu, 04 Februari 2009 – 06:53 WIB
PM Tiongkok Wen Jiabao, Dilempar Sepatu di Cambridge University - JPNN.COM
CAMBRIDGE - Insiden melempari kepala negara yang tidak disukai dengan sepatu kembali terjadi. Mirip dengan yang dialami mantan Presiden AS George W. Bush, Perdana Menteri (PM) Tiongkok Wen Jiabao dimaki dan dilempari sepatu oleh seorang demonstran di Inggris kemarin (3/2). Saat kejadian, Wen berpidato tentang ekonomi global di Cambridge University pada akhir kunjungannya di Inggris.

Sang demonstran yang identitasnya hanya disebut berumur 27 tahun itu berteriak, "Ini skandal," saat menginterupsi pidato Wen dari belakang auditorium. "Diktator ini di sini, bagaimana bisa Anda mendengarkan kebohongan yang dia paparkan? Anda semua tidak peka," katanya sebelum kemudian melemparkan sepatu olahraganya ke arah Wen.

Tidak seperti Bush, Wen yang berdiri di panggung belakang podium tidak perlu menghindar. Sepatu itu jatuh sekitar satu meter dari Wen. Tetapi, dia tidak terlihat takut dan tetap tenang. Dia hanya berhenti sejenak sebelum melanjutkan pidato.

Salah seorang pembantunya segera menaiki panggung dan menyingkirkan sepatu tersebut. "Perilaku tercela ini tidak dapat merusak persahabatan di antara Tiongkok dan Inggris," kata Wen yang kemudian disambut tepuk tangan yang riuh dari audiens.

CAMBRIDGE - Insiden melempari kepala negara yang tidak disukai dengan sepatu kembali terjadi. Mirip dengan yang dialami mantan Presiden AS George

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close