Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polisi Kolombia Akui Gunakan Eksorsis untuk Lawan Penjahat, Termasuk Pablo Escobar

Minggu, 26 Maret 2023 – 19:20 WIB
Polisi Kolombia Akui Gunakan Eksorsis untuk Lawan Penjahat, Termasuk Pablo Escobar - JPNN.COM
Ilustrasi. Polisi di Kolombia diklaim telah menggunakan ritual pengusiran setan atau eksorsis dan doa-doa Katolik dalam sejumlah operasi pemberantasan kejahatan, termasuk yang menewaskan gembong narkoba legendaris Pablo Escobar pada 1993 silam. Foto: Juan Pablo Pino / AFP

jpnn.com, BOGOTA - Kepala kepolisian Kolombia bikin geger lewat pengakuannya bahwa ritual pengusiran setan alias eksorsis dan doa-doa telah menjadi senjata rahasia aparat penegak hukum selama puluhan tahun terakhir.

Jenderal Henry Sanabria mengatakan kepada media lokal bahwa praktik keagamaan tersebut telah membantu polisi, termasuk dirinya, dalam membasmi berbagai macam kejahatan, termasuk gerilyawan separatis dan kartel kokain legendaris pimpinan Pablo Escobar.

"Keberadaan setan sudah pasti. Saya pernah melihatnya. Saya pernah merasakannya," kata sang jenderal kepada majalah Semana saat diwawancara di ruangan kerjanya yang penuh dengan simbol-simbol Katolik, Sabtu (25/3).

Sanabria mengklaim penjahat menggunakan ilmu sihir, dan mengatakan dalam satu operasi seorang petugas polisi dapat membunuh salah satu dari mereka dengan "berdoa sambil menembak".

Dia pun menyebut ritual dan doa memiliki andil dalam operasi yang menewaskan Escobar (1993), pemimpin gerilya FARC Alfonso Cano (2011) serta panglima militernya yang dikenal sebagai "Mono Jojoy" (2010).

Pernyataan Jenderal Sanabria memicu perdebatan sengit di media sosial di Kolombia, negara sekuler dengan tradisi Katolik yang kuat.

Namun, Presiden Gustavo Petro tidak mengungkapkan keprihatinan saat diminta menanggapi isu hangat ini oleh awak media.

"Kami mengetahui keyakinan Bapak Jenderal, tetapi yang terpenting keyakinan tersebut tidak mempengaruhi hukum, sesederhana itu," katanya. "Saya pikir dia masih menghormati hukum, sejauh yang kami tahu." (afp/dil/jpnn)

Ritual pengusiran setan atau eksorsis dan doa digunakan kepolisian Kolombia dalam berbagai operasi besar, termasuk yang menewaskan raja kokain Pablo Escobar

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close