Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politik Gagasan Bakal Mendongkrak Jumlah Pemilih Rasional di Pemilu 2024

Selasa, 17 Januari 2023 – 09:56 WIB
Politik Gagasan Bakal Mendongkrak Jumlah Pemilih Rasional di Pemilu 2024 - JPNN.COM
Para Wakil Ketua Umum Partai Golongkan Karya (Golkar) Nurul Arifin (kedua kiri) bersama Srikandi Partai Golkar. Foto: Humas Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golongkan Karya (Golkar) Nurul Arifin menegaskan partainya akan mengusung ketua umumnya sebagai Capres dalam Pilpres 2024, meski Airlangga tidak masuk dalam kategori kandidat populer berdasarkan hasil survei.

“Pertama saya mengoreksi mengenai kabar banyak Capres dari Golkar. Calon presiden dari Golkar cuma satu, yaitu Airlangga Hartarto. Jadi, sesuai dengan keputusan Munas, kami konsisten mengusung Airlangga Hartarto. Saya juga sedikit bingung kalau ada orang yang terpukau dengan popularitas sementara kapabilitas dan kompetensinya tidak dilihat,” kata Nurul, kemarin.

Nurul mengatakan semestinya rekam jejak yang dipakai sebagai penilaian.

Dia menyebut Golkar tidak terpengaruh dengan hasil survei dalam menentukan capres tersebut.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin menilai pandangan Nurul tersebut perlu didukung dengan kondisi pemilih yang rasional.

Kang Ujang mengatakan perlu kerja keras dalam upaya meningkatkan literasi pemilih agar mampu melihat kapabilitas dan komptensi dari para kandidat.

Menurut Kang Ujang, pemilih Indonesia bisa dikategorikan menjadi pemilih rasional yang mendasarkan pada visi-misi, program, kinerja, rekan jejak, gagasan, dan catatan baik dari kandidat.

"Pemilih rasional akan meningkat ketika politik gagasan mengemuka. Ketika politik Indonesia sudah mulai mengedepankan adu program, adu gagasan, maka pemilu akan menghadirkan politik ide dan gagasan sehingga pemilih rasional akan lebih menonjol menguat," tegas Ujang, Senin (16/1/2023).

Pemilih rasional akan meningkat ketika politik gagasan mengemuka. Ketika politik Indonesia sudah mulai mengedepankan adu program dan gagasan pada Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close