Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politisi Takut Jadi Caleg Pusat

Kamis, 18 Oktober 2012 – 20:40 WIB
Politisi Takut Jadi Caleg Pusat - JPNN.COM
JAKARTA-Syarat ambang batas 3,5 persen perolehan suara partai politik secara nasional, diyakini bakal mampu mengerem jumlah orang untuk menjadi calon legislatif tingkat pusat.

"Siapa lagi yang mau sekarang ini jadi calon anggota legislatif (caleg) untuk pusat. Apalagi kalau itu partai baru. Kalau dari partai-partai besar, memang banyak yang mau," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (DPD P3I) Sumatera Utara, Ramlan Tarigan, di Jakarta, Kamis (18/10).

Kalau pun orang tersebut memiliki kemampuan maupun dukungan masyarakat, kecenderungannya menurut Ramlan, akan memilih dicalonkan untuk DPRD. Karena suaranya tidak akan hilang.

"Sementara untuk pusat, meskipun perolehan suara kita mampu meraih satu kursi, belum jaminan dapat duduk sebagai anggota DPR. Kan masih harus dilihat lagi perolehan suara  partai secara nasional. Kalau nggak sampai minimal 3,5 persen, ya hilanglah suara yang kita peroleh dengan susah payah,"katanya.

JAKARTA-Syarat ambang batas 3,5 persen perolehan suara partai politik secara nasional, diyakini bakal mampu mengerem jumlah orang untuk menjadi calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA