Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polling Institute: Mayoritas Pemilih Jokowi Solid Pilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Rabu, 01 November 2023 – 15:30 WIB
Polling Institute: Mayoritas Pemilih Jokowi Solid Pilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Prabowo & Gibran. Foto: Aris Wasita/Antara

jpnn.com - JAKARTA -  Pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden 2019 lalu dinilai kian solid memberikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu membuat elektabilitas Prabowo-Gibran makin kokoh menempati posisi teratas. Seperti terekam dalam hasil survei Polling Institute yang dilakukan dalam rentang 25-28 Oktober 2023, basis pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di 2019 lebih banyak memilih Prabowo-Gibran dengan hasil 43,2 persen.

Raihan tersebut lebih banyak daripada yang diperoleh Ganjar-Mahfud (39,6 persen), dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (14,7 persen). "Mulai tampak Prabowo-Gibran berhasil menarik lebih banyak dukungan basis Jokowi di 2019, dan itu mengalahkan Ganjar-Mahfud," kata Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim dalam keterangan tertulis, Rabu (1/11).

Menurutnya, ini terjadi karena Prabowo-Gibran diasosiasikan sebagai pasangan yang paling direstui Jokowi.

Sinyal dukungan itu bisa dilihat dari Jokowi yang kerap mengajak Prabowo dalam kegiatan atau kunjungan kerjanya.

Misalnya, saat momen peringatan Hari Santri Nasional 2023 beberapa waktu lalu.

Dalam momen tersebut, turut hadir Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Jokowi di Tugu Pahlawan, Surabaya, mereka tampak akrab sedang bersama Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf sembari mengobrol dan berjalan.

Kennedy melanjutkan, dukungan kuat dari Presiden Jokowi itu mempunyai dampak yang besar bagi Prabowo menjelang kontestasi Pilpres 2024. Tentu ini memberikan peluang yang sangat besar bagi pasangan Prabowo-Gibran untuk menang.

Polling Institute menyatakan mayoritas pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 lalu solid mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close