Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ponsel Unik Pakai Mouse

Kamis, 24 Juli 2008 – 13:21 WIB
Ponsel Unik Pakai Mouse - JPNN.COM
HAL terunik dari Samsung SGH-i780, ia memiliki sebuah mouse. Posisinya tepat di bawah layar sentuh berukuran 2,55 inci, 320 x 320 piksel, dan mampu menyajikan sampai 65 ribu warna.

Ada yang menyebut benda itu sebagai finger mouse. Ada pula yang menamakannya optical mouse. Apa pun nama yang digunakan, prinsip kerja mouse tersebut mirip touch pad laptop. Untuk menggerakkan tanda panah di layar, pengguna harus menggeserkan jari di area mouse. Kalau pengguna kikuk atau kurang nyaman dengan mouse itu, fungsinya dapat diubah menjadi tombol navigasi biasa.

Sebuah kamera 2 megapiksel dengan kinerja relatif biasa-biasa saja terdapat di sisi belakang PDA phone triple band GSM tersebut. Di sisi depan, tersedia satu kamera VGA yang sangat bermanfaat ketika pengguna melakukan video call. Suka narsis? Potretlah diri sendiri sepuasnya memakai kamera itu.

Suatu saat, penulis memasukkan 2.400 nama multiple entry ke daftar kontak gadget berharga jual Rp 5,35 juta-Rp 5,399 juta tersebut. Pencarian kontak bisa dilakukan dengan sangat cepat, tanpa ada waktu tunggu alias delay. Penulis lantas menambahkan sampai 4.000 nama. Hasilnya, tetap cepat.

Karena penasaran, 12.130 nama dimasukkan sekaligus. Ya, 12 ribuan nama. Kali ini pencarian kontak agak lambat. Ada jeda sekitar 3 detik. Wajar karena daftar kontak yang disimpan sangat banyak. Lagi pula, penulis yakin, hanya segelintir pengguna yang menyimpan daftar kontak sebanyak itu di ponsel atau PDA phone-nya.

Selama menguji pakai SGH-i780, praktis hanya ada dua nilai minus versi penulis yang mengemuka. Pertama, nada dering bawaannya kurang melengking walaupun sudah diatur pada volume tertinggi. Alternatif solusinya, pengguna dapat mengaktifkan fitur getar alias vibrate ketika berada di lokasi gaduh atau mengendarai motor.

Kedua, sejak GPS diaktifkan hingga siap digunakan bernavigasi, waktu yang dibutuhkan relatif lama. Paling sering, penulis harus menanti selama sekitar 5 menit.

Paket penjualan SGH-i780 tergolong komplet. Disertakan dua baterai, desktop charger, kabel data, kartu microSD 1 GB, dan handsfree berkabel. Pengguna juga mendapatkan aplikasi GPS NavFone senilai Rp 1,5 juta, uji coba push e-mail senilai Rp 200 ribu, diskon 50 persen Telkomsel Flash selama setengah tahun, dan keanggotaan Windows Mobile Care senilai Rp 500 ribu. (Herry S.W./kkn)

HAL terunik dari Samsung SGH-i780, ia memiliki sebuah mouse. Posisinya tepat di bawah layar sentuh berukuran 2,55 inci, 320 x 320 piksel, dan mampu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close