Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Potensi Bisnis Indonesia Menurun

Senin, 10 Mei 2010 – 15:16 WIB
Potensi Bisnis Indonesia Menurun - JPNN.COM
JAKARTA— Meski sebagian besar sektor ekonomi mengalami peningkatan kondisi bisnis dengan nilai Indeks Tendensi Bisnis (ITB) sebesar 112,07 pada semester 1-2010, namun tingkat optimisme dan tingkat kepercayaan pelaku bisnis dalam memandang potensi bisnis di Indonesia masih lebih rendah bila dibandingkan triwulan sebelumnya.

Dijelaskan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Rusman Heriawan pada wartawan, Senin (10/5), bahwa ITB adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang datanya diperoleh dari Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan BPS bekerjasama dengan Bank Indonesia. Survei ini dilakukan setiap triwulan di beberapa kota besar terpilih di seluruh Provinsi di Indonesia. Adapun jumlah sampel STB triwulan 1-2010 sebanyak 2.400 perusahaan besar dan sedang, dengan responden pimpinan perusahaan.

"Hasilnya, ITB pada triwulan 1-2010 sebesar 103,41 (memang) mengindikasikan adanya peningkatan kondisi bisnis pada triwulan tersebut. Namun tingkat optimisme pelaku bisnis lebih rendah dibandingkan triwulan IV-2009 (nilai ITB sebesar 108,45)," kata Rusman.

Sebagian besar sector ekonomi diungkap Rusman, seperti kondisi bisnis, dengan sector keuangan, persewaan dan jasa perusahaan  mengalami peningkatan bisnis tertinggi dengan ITB sebesar 112,07. Sementara untuk sector ekonomi yang mengalami penurunan kondisi bisnis adalah sector kontruksi, sector transportasi dan telekomunikasi.

JAKARTA— Meski sebagian besar sektor ekonomi mengalami peningkatan kondisi bisnis dengan nilai Indeks Tendensi Bisnis (ITB) sebesar 112,07

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close