Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PPATK Dinilai Masih Minim Temuan

Kamis, 23 Februari 2012 – 21:01 WIB
PPATK Dinilai Masih Minim Temuan - JPNN.COM
JAKARTA - Koordinator Advokasi Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi menilai 2000 transaksi mencurigakan hasil temuan Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) sebenarnya terlalu sedikit. Sebab, PPATK semestinya tak hanya memelototi transaksi keuangan pejabat publik saja.

"Jumlah tersebut sesungguhnya sangat sedikit karena dari sisi penggunaan anggaran, PPATK itu mengerahkan anggarannya untuk membongkar pencucian uang terorisme, bukan untuk membongkar transaksi mencurigakan pejabat publik," kata Uchok di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (23/2).

Dipaparkannya, pada APBN 2011 saja PPATK mendapat alokasi anggaran sebesar Rp97,9 miliar. Namun hanya Rp1,5 miliar saja yang digunakan untuk membongkar transaksi pejabat publik. Sedangkan untuk membongkar transaksi pencucian uang terkait terorisme, menghabiskan sekitar Rp14,9 miliar.

Demikian juga halnya dengan penggunaan anggaran PPATK tahun 2012. "Dari total anggaran PPATK sebesar Rp79,1 miliar, alokasi untuk membongkar transaksi mencurigakan pejabat publik dialokasikan sebesar Rp2,2 miliar sementara untuk membongkar transaksi pencucian uang teroris naik menjadi Rp16,9 miliar," bebernya.

JAKARTA - Koordinator Advokasi Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi menilai 2000 transaksi mencurigakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close