Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PPI: Gibran-Dico Pasangan Ideal untuk Pilkada Jateng 2024

Jumat, 23 Juni 2023 – 02:34 WIB
PPI: Gibran-Dico Pasangan Ideal untuk Pilkada Jateng 2024 - JPNN.COM
Putra Presiden Jokowi Widodo, Gibran Rakabuming Raka diminta menghadap ke kantor pusat PDI Perjuangan, Senin (22/5). Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Tahun 2024 bukan hanya gelaran pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg). Ada pula helatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diselenggarakan sembilan bulan pasca Pilpres.

Dari sekian banyak Pilkada yang diadakan berbarengan, pemilihan gubernur Jawa Tengah menjadi satu yang paling menarik perhatian publik. Terlebih setelah Ganjar Pranowo tak bisa lagi mencalonkan diri.

Pada rentang 2-11 Juni 2023 lalu, dengan 800 responden yang diwawancara tatap muka, Parameter Politik Indonesia (PPI) melakukan survei opini publik.

Survei ini berfungsi untuk memotret preferensi masyarakat Provinsi Jawa Tengah.

"Khususnya terkait peta kekuatan figur bakal calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2024 mendatang," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, Kamis (22/6).

Adi, menyebut dari segi popularitas pada 11 tokoh yang diuji, tingkat keterkenalan Gibran Rakabuming Raka tertinggi dengan angka 77.0%. Diikuti oleh Taj Yasin Maimoen yang mampu menyabet angka 48,3%.

"Sementara, popularitas mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berada di angka 37,9%. Bupati Kendal, Dico Ganinduto bisa mendapat 30,3%, dan Achmad Husein berada di angka 24,6%," jelas Adi kepada awak media.

Lebih jauh, pada skenario elektabilitas wakil gubernur, nama Taj Yasin Maimoen masih mendapat dukungan tertinggi dengan 9,6%, disusul Dico Ganinduto 7,1% dan Achmad Husein 6,7%.

Dari sekian banyak Pilkada yang diadakan berbarengan, pemilihan gubernur Jawa Tengah menjadi satu yang paling menarik perhatian publik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close