Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo-Airlangga Paling Layak Diusung Koalisi Besar

Kamis, 06 April 2023 – 20:08 WIB
Prabowo-Airlangga Paling Layak Diusung Koalisi Besar - JPNN.COM
Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto usai pertemuan di kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Nelly, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (15/10) petang. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Jamiluddin Ritonga memprediksi pengambilan keputusan soal capres-cawapres bakal berjalan mulus jika KIB dan KIR bersepakat membentuk koalisi besar.

Menurut dia, elektabilitas masih jadi pertimbangan utama dalam menentukan calon. Karena itu, Prabowo Subianto jelas tak punya pesaing berarti untuk posisi capres.

"Prabowo Subianto tampaknya yakin dirinya paling layak menjadi capres bila Koalisi Besar terbentuk," katanya saat dihubungi, Kamis (6/4).

Terkait cawapres, Jamiluddin menyarankan Golkar ikhlas Ketua Umum Airlangga Hartarto jadi nomor dua. 

Meski Munas Golkar mengamanatkan Airlangga diusung sebagai capres, elektabilitas menko perekonomian itu jauh di bawah Prabowo.

"Jadi, dilihat dari elektabilitasnya, Prabowo dan Airlangga yang paling layak diusung Koalisi Besar. Pasangan ini tampaknya akan diterima PKB, PAN, dan PPP," ucap Jamiluddin.

Meski demikian, Jamiluddin mengatakan penentuan siapa capres-cawapres yang akan diusung justru akan berlangsung alot apabila PDIP ikut bergabung dalam Koalisi Besar.

Sebab, dia melanjutkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah berulang kali menyatakan capres dari PDIP sudah harga mati.

Pengamat politik Jamiluddin Ritonga memprediksi pengambilan keputusan soal capres-cawapres bakal berjalan mulus jika KIB dan KIR membentuk koalisi besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close