Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Diharapkan Mampu Lanjutkan Diplomasi Internasional Jokowi

Senin, 14 Oktober 2024 – 21:47 WIB
Prabowo Diharapkan Mampu Lanjutkan Diplomasi Internasional Jokowi - JPNN.COM
Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto diharapkan mampu melanjutkan diplomasi internasional yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama sepuluh tahun ini.

Guru besar Ilmu Hukum Internasional Profesor Hikmahanto Juwana menuturkan Joko Widodo memiliki karakter dan passion yang berbeda dengan presiden sebelum-sebelumnya.

Namun, dia menilai selama dipimpin Jokowi, Indonesia berhasil mengeluarkan kebijakan luar negeri yang dipandang oleh kacamata interansional cukup baik.

“Selama Pak Jokowi memimpin boleh dibilang karena beliau kalau bicara kebjakan luar negeri, pasti perlindungan terhadap warganegara kita dan itu sudah dilakukan,” kata Hikmahanto Juwana kepada wartawan, Senin (14/10).

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani itu mengurai Jokowi berhasil menanggulangi Covid-19 dengan baik, dan memastikan warga negara Indonesia di negara-negara konflik terlindungi dengan baik.

Dia menambahkan meskipun banyak juga yang mengkritik Jokowi, seperti tidak memunculkan di majelis umum PBB, dinilainya karena passion Jokowi tidak di sana.

“Namun, ketika beliau menjadi presiden G20, menjadi ketua ASEAN, itu dimaksimalkan betul pas kebetulan ada konflik, lalu beliau mengupayakan ada perdamaian, walaupun belum bisa menyelesaikan tapi paling tidak sudah ada pergerakan ke arah sana,” ujar dia.

Hikmahanto Juwana berharap Prabowo bisa melanjutkan keberhasilan Jokowi di kancah internasional.

Presiden terpilih Prabowo Subianto diharapkan untuk bisa melanjutkan diplomasi internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA