Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Juga Pernah Dilarang Masuk AS

Selasa, 24 Oktober 2017 – 09:19 WIB
Prabowo Juga Pernah Dilarang Masuk AS - JPNN.COM
Prabowo Subianto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kasus pelarangan terhadap tokoh militer atau mantan tokoh militer Indonesia masuk Amerika Serikat (AS) sudah terjadi beberapa kali.

Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga pernah dicekal masuk AS. Penyebabnya, Prabowo diduga terlibat dalam penghilangan paksa aktivis dan penyiksaan para pejuang pro kemerdekaan di Timor Timur.

Pencekalan itu juga menjadi salah satu isu yang dibahas saat Prabowo hendak maju dalam pemilihan umum presiden.

Berdasar data yang dihimpun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto juga pernah tercatat dilarang masuk AS pada 2004.

Pencekalan itu didasari adanya dugaan Wiranto terlibat dalam kasus di Timor Timur (kini Timor Leste) oleh pengadilan PBB.

Berita pencekalan tersebut muncul dari Washington Post pada Januari 2004. Saat itu Wiranto sedang mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Golkar.

Pengamat hubungan internasional Teuku Rezasyah menjelaskan, yang membedakan, para jenderal tersebut dicekal mulai saat pembuatan visa.

Itu berbeda dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang dilarang setelah mendapatkan visa. ”Kalau jenderal yang lain itu tidak keluar visanya,” ungkap dia.

Pencekalan itu juga menjadi salah satu isu yang dibahas saat Prabowo hendak maju dalam pemilihan umum presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close