Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Makin Kuat, Cawapresnya Diprediksi Bukan dari Parpol Koalisi, kok Bisa?

Senin, 14 Agustus 2023 – 10:49 WIB
Prabowo Makin Kuat, Cawapresnya Diprediksi Bukan dari Parpol Koalisi, kok Bisa? - JPNN.COM
PAN dan Golkar resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA – Partai Golkar dan PAN mendeklarasikan sebagai parpol yang ikut mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo menyebut ada peran Presiden Jokowi di balik sikap kedua parpol yang menyatakan mendukung pencapresan Prabowo Subianto.

"Saya kira kemungkinan telah ada pembicaraan yang melibatkan peran Pak Jokowi di balik keputusan itu," kata pria yang akrab disapa Sukowi itu kepada wartawan di Surabaya, Minggu (13/8).

Lebih lanjut Sukowi menilai, merujuk hasil Pemilu 2019, koalisi Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PAN merupakan koalisi terbesar pada Pilpres 2024.

Jumlah perolehan suara empat partai jika digabung mencapai sekitar 41,41 persen.

Belum lagi ditambah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebanyak 1,89 persen.

"Dibanding koalisi yang memajukan bakal capres Anies Baswedan dan PDIP yang menjagokan Ganjar Pranowo, ini koalisi paling besar. Artinya, posisi Pak Prabowo akan semakin menguat," ujarnya.

Hanya saja, lanjut Sukowi, siapa sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Prabowo bisa jadi malah bukan dari parpol koalisi.

Capres 2024 Prabowo Subianto makin kuat setelah Golkar dan PAN ikut mengusung Ketum Gerindra itu, tetapi cawapresnya kemungkinan dari luar parpol koalisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close