Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Sering Berpeci di Acara Internasional, Meniru Gaya Soekarno?

Senin, 13 Juni 2022 – 11:46 WIB
Prabowo Sering Berpeci di Acara Internasional, Meniru Gaya Soekarno? - JPNN.COM
Menhan Prabowo Subianto saat kunjungan kehormatan terhadap kepada Menhan Singapura Ng Eng Hen dan meninjau Guard of Honor atau jajar kehormatan dengan juga mengenakan peci berwarna hitam yang selalu dipakainya, Jumat (10/6). Foto: Dok. Tim Media Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto terlihat selalu mengenakan peci saat menghadiri acara di level internasional.

Terbaru, Prabowo mengenakan peci saat mengisi panel diskusi di International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 yang merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan, Sabtu (11/6).

Penampilan yang sama juga terlihat saat Prabowo melaksanakan kunjungan kehormatan terhadap kepada Menhan Singapura Ng Eng Hen dan meninjau Guard of Honor atau jajar kehormatan dengan juga mengenakan peci berwarna hitam yang selalu dipakainya, Jumat (10/6).

Prabowo sendiri pernah menyebutkan pada 2014 alasannya selalu memakai peci ialah sebagai bentuk kebanggaan terhadap kebudayaan Bangsa Indonesia di mata dunia.

"Saya tidak malu pakai peci," ujar Prabowo di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Juni 2014 lalu.

Menurut dia, rakyat patut berbangga dengan budaya daerah, bahasa, musik Indonesia yang merupakan warisan nenek moyang dan perlu dijadikan dorongan untuk menghindari penjajahan fisik, budaya, intelektual, dan penjajahan ekonomi.

Ketua Umum Gerindra itu menyebutkan meski identik dengan gaya berbusana pria Muslim ketika beribadah, ada makna nasionalisme dan patriotisme yang tersirat di dalam sebuah peci. 

Prabowo menjelaskan makna tersebut tidak lepas dari andil proklamator dan presiden pertama Indonesia, Soekarno di mana peci sudah menjadi identitas gayanya baik sebelum ataupun saat mengabdi sebagai presiden Indonesia.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto terlihat selalu mengenakan peci saat menghadiri acara di level internasional, meniru Soekarno?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close