Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pramono Jadi Doktor Setelah Teliti Rekan Sendiri

Motif Ekonomi Masih Dominan di Kalangan Politisi Senayan

Jumat, 11 Januari 2013 – 15:05 WIB
Pramono Jadi Doktor Setelah Teliti Rekan Sendiri - JPNN.COM
WAKIL Ketua DPR RI Pramono Anung Wibowo menyandang gelar akademik baru. Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu meraih gelar doktor ilmu politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat.

Pramono dikukuhkan sebagai doktor setelah memertahankan disertasi berjudul Komunikasi Politik dan Pemaknaan Anggota Legislatif Terhadap Konstituen, dalam Sidang Promosi Doktor yang digelar di Aula Unpad, Jumat (11/1) siang, dengan predikat cum laude. Dalam disertasinya, Pram -sapaan Pramono- menguraikan hasil penelitiannya tentang rekan-rekannya di DPR RI.

Menurutnya, motif ekonomi masih mendominasi seseorang untuk menjadi anggota legislatif. "Penelitian ini menemukan terdapatnya motivasi berlapis dari anggota legislatif, yaitu motif utama pada kekuasaan politik dan kepentingan ekonomi, serta beberapa motif turunan," kata Pramono saat memertahankan disertasinya.

Sedangkan motif turunan anggota legislatif antara lain ideologis, memerjuangkan sistem demokratis, aktualisasi sikap-sikap politik, atau memerjuangkan aspirasi kaum marjinal. Karenanya Pramono dalam kesimpulan disertasinya menyebut kuatnya motivasi kekuasaan dan ekonomi para anggota legislatif itu  juga berimbas pada kebijakan yang dikeluarkan DPR.

WAKIL Ketua DPR RI Pramono Anung Wibowo menyandang gelar akademik baru. Mantan Sekjen PDI Perjuangan itu meraih gelar doktor ilmu politik dari Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA