Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prediksi Qodari soal Wajah DPR di Bawah Pimpinan Puan Maharani

Kamis, 03 Oktober 2019 – 00:27 WIB
Prediksi Qodari soal Wajah DPR di Bawah Pimpinan Puan Maharani - JPNN.COM
Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Puan Maharani dari Fraksi PDI Perjuangan resmi menjadi ketua DPR periode 2019-2024.

Selain Puan, ada empat wajah baru wakil ketua DPR yakni Azis Syamsuddin (Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Partai Gerindra), Rahmat Gobel (Partai Nasdem), dan Abdul Muhaimin Iskandar (PKB).

Pengamat politik dari Indo Barometer Muhammad Qodari menilai pimpinan DPR RI periode 2019-2024 yang baru dilantik merefleksikan wajah DPR RI ke depan yang sejuk. Menurutnya, mereka adalah figur yang tenang dan tidak kontroversial.

"Saya mengapresiasi dan menyambut baik, pimpinan DPR RI yang baru dilantik," kata Muhammad Qodari melalui telepon genggamnya, di Jakarta, Rabu (2/10).

Menurut Qodari, sosok Puan Maharani akan dapat menjembatani komunikasi antara DPR RI dan Presiden dengan baik, karena keduanya berasal dari partai politik yang sama.

"Puan Maharani juga dapat menjadi jembatan kebangsaan antar-partai politik di DPR RI seperti yang telah dibangun ayahandanya, Taufiq Kiemas, yakni membangun komunikasi lintas partai di parlemen. Taufiq Kiemas menjadi mentor politik bagi Puan, demikian juga ibunya Megawati Soekarnoputri," katanya.

Qodari berharap, Puan Maharani dapat menjadi pemimpin yang baik bagi produk legislasi DPR RI yang sering menjadi sorotan publik, karena realisasinya selalu di bawah target.

Qodari menyarankan tiga hal kepada pimpinan DPR RI yang baru dilantik, pertama target legislasi harus realistis. Kedua, DPR RI harus bekerja sama dengan eksekutif karena sumber daya manusia di kementerian lebih banyak daripada di DPR, sehingga lebih banyak yang bekerja.

Qodari menilai sosok Puan Maharani yang menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024 akan merefleksikan wajah DPR ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close