Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presiden Jokowi Resmikan Pusat Koordinasi dan Kendali Asap Lintas Batas ASEAN

Selasa, 05 September 2023 – 21:39 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Pusat Koordinasi dan Kendali Asap Lintas Batas ASEAN - JPNN.COM
Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn dan Menteri LHK Siti Nurbaya meresmikan Pusat Koordinasi Pengendalian Pencemaran Asap Lintas Batas Tingkat Regional ASEAN pada acara pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meresmikan ASEAN Coordinating Centre for Transboundary Haze Pollution Control (ACCTHPC) atau Pusat Koordinasi Pengendalian Pencemaran Asap Lintas Batas Tingkat Regional ASEAN.

Peresmian itu berlangsung dalam rangkaian pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan sebelumnya para Kepala Negara ASEAN telah menyepakati hal ini pada Sidang Convention of Parties (COP) ke-18 ASEAN Agreement for Transboundary Haze Pollution (COP- AATHP)  di Vientien, Lao PDR  pada Rabu, (23/8) yang lalu.

Pendirian ACC THPC ini merupakan sebuah tonggak capaian yang monumental dan bersejarah bagi ASEAN. Hal ini dapat terjadi karena dukungan para Kepala Negara Anggota ASEAN dan tentunya atas fasilitasi  Sekretaris Jenderal ASEAN.

"Keberhasilan Negara-negara ASEAN dalam mendirikan ACC THPC merupakan langkah awal menuju pengembangan sistem peringatan dini yang lebih inovatif, mobilisasi sumber daya yang efektif di kawasan, serta upaya yang lebih terkoordinasi antar negara anggota ASEAN," kata Menteri Siti Nurbaya.

Kelembagaan ACC THPC ini akan diketua oleh seorang Eksekutif Direktur dengan dibantu 3 Bidang di bawahnya, yaitu Divisi Monitoring dan Assessment, Divisi Kerja Sama Teknis dan Divisi Knowledge Management. Kantor ACCTHPC sudah ditetapkan di Gedung Manggala Wana Bakti, Blok 4 lantai 2, yang saat ini dalam proses persiapan.

Menteri Siti mengatakan tindak lanjut pembentukan ACC THPC ini adalah harus segera menyepakati Tuan Rumah yang biasanya dikenal dengan Host Country Agreement dengan peran dari masing-masing negara ASEAN dalam melaksanakan kegiatan ACC THPC ini.

Paradigma Baru Cegah Karhutla

Presiden Jokowi didampingi Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn dan Menteri LHK Siti Nurbaya meresmikan Pusat Koordinasi Pengendalian Pencemaran Asap Lintas Batas ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close